Uang Bikin Bodoh?

27 May 2019

1 Petrus 1:14

Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,

 

Data KPK menunjukkan bahwa sepanjang 2018, ada total 260 orang yang terlibat tindak pidana korupsi, 103 diantaranya adalah anggota DPRD/DPR dan 55 diantaranya adalah pejabat pemerintahan (kepala lembaga/kementerian, bupati/walikota dan pejabat eselon I-III). Tentu ini menjadi hal yang menyedihkan, karena kedudukan mereka sebagai wakil rakyat dan pejabat justru disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan atau golongan. Mereka seharusnya menjadi contoh sebagai abdi masyarakat namun justru melakukan korupsi. Hampir dapat dipastikan bahwa hal mendasar yang melatarbelakangi perilaku tersebut adalah ketidakmampuan mengendalikan hawa nafsu, khususnya terkait keuangan.

 

Secara umum hawa nafsu (terkait keuangan maupun bukan keuangan) juga menjadi pergumulan setiap kita, secara sadar maupun tidak sadar. Ketika hawa nafsu menguasai diri, yang terjadi adalah gelap mata dan hati sehingga kita melakukan tindakan bodoh yang hanya akan mendatangkan sesal belakangan. Bukan hanya bagi kita yang hidup di jaman sekarang, pergumulan tentang hawa nafsu ini sudah ada sejak manusia ada di muka bumi.

 

Beberapa hal ini akan membantu kita untuk tidak melakukan kebodohan :

-      Jangan biarkan hawa nafsu menguasai diri kita, sebaliknya penuhilah hidup kita dengan kebenaran Firman Tuhan

-      Selalu berjaga-jaga dalam doa supaya tidak jatuh dalam pencobaan, terus waspada dan tidak memberikan kesempatan pada Iblis

-      Hidup taat dan patuh, senantiasa tunduk pada Firman Tuhan

-      Bersyukur dengan segala hal yang sudah Tuhan berikan, belajar menjadi bendahara yang baik atas berkat yang kita terima dan menjadi saluran berkat bagi orang lain

-      Berlatih untuk memiliki pengendalian diri yang baik

 

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Efesus 2:10


 

Sony Okfianto, Penulis & Pendengar Bahtera Yudha FM Surabaya.