SATURDAY FOR FAMILY : Membelikan Mainan Untuk Buah Hati

23 September 2017

APAKAH ANAK ANDA SERING MINTA DIBELIKAN MAINAN ?

Mengatasi tuntutan anak yang selalu minta dibelikan mainan bukan perkara mudah. Jika anda turuti beli mainan terus, kesehatan keuangan keluarga dapat tidak stabil. Tapi di sisi lain, anda pasti gak tega melihatnya sedih jika permintaannya anda tolak.

Ketika anda ajak dia ke counter mainan, rengekannya mendadak berubah jadi tawa. Tapi ketika menunjukkan satu mainan buruannya kepada anda, anda bisa pusing tujuh keliling saat melihat harganya.

Membelikan mainan secara terus menerus hanya agar anak gak merengek bukanlah hal yang bijak. Makanya, terapkan tips di bawah ini supaya pengeluaran anda gak bocor tiap bulan cuma buat beli mainan anak.

1. Sering ajak main ke luar rumah

Mengajaknya bermain ke taman, atau sekadar jalan-jalan di komplek bisa jadi pilihan yang cerdas. Sempatkanlah untuk bermain bersamanya di luar saat pagi atau sore hari. Atau jika kamu adalah seorang Wanita Karir, manfaatkan weekend pagimu bersamanya.

Ada baiknya juga untuk mengajaknya lebih sering bermain dengan teman sebaya di komplek. Dengan ini, dia pun bisa belajar bersosialisasi dengan baik.

2. Ajak dia berinteraksi  

Sebagai orangtua, perbanyaklah berinteraksi dengannya. Luangkan waktumu untuk ngobrol atau mengajarinya sesuatu yang positif seperti menggambar, membaca, bermain origami, atau yang lain.

Pada intinya, yang terpenting di sini adalah menyisihkan waktu untuk bermain bersama mereka dan aktiflah berkomunikasi. Dengan begitu, buah hati pun tidak akan terlalu ketergantungan dengan mainan untuk membuat mereka ceria.