WEDNESDAY FIT AND FRESH : Rahasia Gigi

19 September 2017

Menyikat gigi merupakan cara menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Sayangnya, plak seringkali muncul meski rajin menyikat gigi. Plak dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut, juga membuat senyum dan penampilan kurang maksimal. Selain menyikat gigi, menggunakan mouthwash dapat membantu mengurangi timbulnya plak.

Plak atau karang gigi adalah lapisan timbunan bakteri yang memadat dan menempel pada gigi. Plak berperan besar dalam proses kerusakan gigi.

Mengapa Bisa Timbul Plak?

Plak muncul dan berkembang karena ada sisa-sisa makanan. Kue, roti, susu, permen, dan makanan lain yang mengandung gula dan pati yang tersisa pada gigi, akan mengundang bakteri.

Bakteri tersebut akan menghasilkan asam yang akan menghancurkan enamel atau lapisan terluar gigi. Lebih jauh lagi, plak dapat merusak akar gigi dan tulang penopang gigi. Jadi jangan menganggap plak sebagai hal yang remeh, karena dapat menyebabkan menurunnya kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

Cara Mencegah Timbulnya Plak

Selama ini masih banyak orang yang hanya fokus pada gigi ketika membersihkan mulut. Pada kenyataannya, bagian-bagian mulut yang lain seperti lidah dan sela-sela gigi juga harus dibersihkan untuk menghindari terjadinya plak.

Berikut ini beberapa cara mencegah timbulnya plak yang perlu Anda ketahui:

  • Menyikat gigi sebelum tidur
    Biasakan menyikat gigi minimal dua kali setiap hari, termasuk menyikat gigi sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk membersihkan rongga mulut dari sisa makanan, kuman, serta timbunan plak yang mulai muncul.
  • Perhatikan cara menyikat gigi yang benar
    Anda tidak mau kegiatan menyikat gigi menjadi sia-sia, bukan? Karena itu, perhatikan cara menyikat gigi yang benar. Buat gerakan melingkar pada saat menyikat gigi untuk melepaskan lapisan plak yang menempel. Tidak perlu tergesa-gesa agar hasilnya maksimal. Yang perlu Anda ketahui, tidak menyikat gigi dengan benar sama saja Anda tidak pernah menyikat gigi.
  • Gunakan produk mengandung fluoride
    Fluoride berperan dalam melawan kuman yang berpotensi membuat gigi menjadi busuk. Zat ini juga memberi perlindungan pada gigi dari ancaman kerusakan. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi Anda terjaga kesehatannya. Mengonsumsi air minum kemasan yang memiliki kandungan fluoride juga dapat membantu mengurangi risiko penimbunan plak.
  • Manfaatkan mouthwash
    Mouthwash akan membersihkan area mulut yang sulit dijangkau saat menyikat gigi, seperti gusi dan sela-sela gigi karena sikat gigi hanya membersihkan 25% dari mulutmu. Selain itu, mouthwash juga mengurangi keasaman dan jumlah kuman di rongga mulut, bahkan membantu remineralisasi gigi.  Namun,  mouthwash memang tidak boleh digunakan oleh anak berusia di bawah enam tahun. Meski bagi anak di atas usia tersebut, mouthwash dapat membantu membersihkan gigi secara maksimal.
  • Periksa gigi secara teratur
    Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara teratur yaitu setiap 6 bulan, dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Kalau pun ternyata mulai terjadi kerusakan gigi, Anda akan mendapatkan perawatan lebih dini, sehingga masalah gigi tidak sampai parah.

Cara-cara di atas dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar, sehingga terhindar dari berbagai gangguan gigi dan mulut yang dapat muncul akibat penumpukan plak, yang jika dibiarkan dapat merusak jaringan gigi, gusi, dan area di sekitarnya, bahkan berisiko terinfeksi.

Biasakan Merawat Gigi dan Mulut Sejak Dini

Menjaga kesehatan gigi dan mulut mampu membantu untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi, sehingga dapat menunjang tumbuh kembang anak. Si Kecil dapat diajak untuk melihat bagaimana orangtuanya menjaga kesehatan gigi dan mulut sehari-hari, sehingga anak pun tertarik dan paham bahwa hal itu pula yang harus dilakukannya kelak.

Memasuki usia 2 tahun, anak mulai bisa diajarkan menyikat gigi sendiri dengan pasta gigi khusus anak-anak, termasuk cara meludahkan sisa busa pasta gigi. Di atas usia 6 tahun, anak sudah boleh belajar cara berkumur menggunakan mouthwash yang disesuaikan dengan anjuran dokter gigi. Sambil tetap diawasi dan dipastikan agar tidak tertelan.

Merawat kesehatan gigi dan mulut sebaiknya mulai dibiasakan sejak kecil. Dengan demikian, kegiatan ini dapat menjadi sebuah kebiasaan baik yang akan dilakukan secara teratur hingga dewasa.