WEDNESDAY FIT AND FRESH : Waspada Menatap Gadget!

14 September 2017

Tulang belakang adalah bagian tubuh yang vital karena terdapat banyak susunan tulang dan saraf penghubung ke otak. Selain karena kecelakaan, gaya hidup yang dilakukan anak muda saat ini juga bisa mencederai tulang belakang.

Pakar nyeri dan tulang belakang, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, mengatakan bahwa kini banyak kebiasaan dari gaya hidup kekinian yang mengancam tulang punggung. Tidak lagi pada orangtua yang mengalami penuaan, ancaman tersebut juga banyak ditemui pada anak-anak muda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Fenomena "Text Neck" akibat penggunaan gadget
Penggunaan gadget atau gawai seperti smartphone yang kini diperkenalkan lebih dini kepada anak-anak memicu fenomena yang disebut "Text Neck". Kebiasaan menunduk berlama-lama menatap gadget adalah pemicunya.

Ungkap dr Mahdian Nur Nasution, SpBS "Di Amerika Serikat studi menunjukkan data bahwa banyak pasien muda datang karena keluhan sakit dan kekakuan di daerah punuk, khususnya bagian kanan. Prevalensinya tinggi dalam satu sampai dua tahun belakangan ini. Setelah diamati, ternyata ada kaitannya dengan kebiasaan main HP".